Artikel

Renungan

MINGGU GAUDETE

Dipublikasikan tanggal 14 December 2016

MINGGU GAUDETE

Minggu Adven III

Minggu Adven III disebut “Minggu Gaudete”, yang berarti “sukacita”. Kata pertama dalam antifon pembuka pada misa Adven III adalah “Bersukacitalah” atau lengkapnya “Bersukacitalah selalu dalam Tuhan. Sekali lagi kukatakan: bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat.” (Flp 4:4-5) Warna liturgi pada hari Minggu Adven III adalah merah (muda) sebagai ungkapan kegembiraan. Gereja mengajak umat beriman untuk bersukacita karena Tuhan sudah dekat. Warna lilin pada lingkaran Adven yang dinyalakan pada minggu ketiga ini  juga berwarna merah (muda).

Warna Liturgi Merah (Muda) pada Minggu Gaudete dan Minggu Laetare 

Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?

Bacaan Injil pada Minggu Adven III diambil dari Mat 11:2-11. Perikop sejajarnya dari Luk 7:19-23 menjadi bacaan Injil hari ini. Diceritakan bahwa Yohanes Pembaptis mendengar apa yang dilakukan oleh Yesus, lalu timbullah pertanyaan dalam hatinya, apakah Yesus barangkali sang Mesias itu! Ketika murid-murid Yohanes menyampaikan pertanyaan itu kepada Yesus, Yesus sedang sibuk menyembuhkan orang sakit, membebaskan orang dari genggaman kuasa jahat dan membuat orang buta melihat lagi. Jawaban Yesus mengingatkan kita kepada nas-nas dalam kitab Yesaya yang berhubungan dengan kedatangan Mesias. Yesus mengingatkan Yohanes akan kesesuaian antara apa yang Ia lakukan dan apa yang terdapat dalam “nas-nas Mesianik.” Yesus pun menambahkan, “Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku.” (Luk 7:23) Untuk memperoleh keselamatan manusia harus memilih jalan kerendahan hati dan ketaatan.

Maka, masa Adven adalah masa penantian akan kedatangan Yesus yang harus selalu diisi dengan kerendahan hati dan ketaatan. Salah satu bentuk perwujudan kerendahan hati dan ketaatan adalah pertobatan. Minggu Gaudete mengingatkan umat beriman bahwa masa Adven akan segera berakhir dan pesta kedatangan Yesus Kristus sudah semakin dekat.

Dalam tahun liturgi ada dua hari Minggu yang menggunakan warna liturgi merah muda. Yang pertama adalah Minggu Prapaskah IV yang disebut “Minggu Laetare” dan Minggu Adven III yang disebut “Minggu Gaudete”. Kedua hari Minggu ini menandai pertengahan masa penantian, yang mengingatkan umat beriman bahwa sukacita Paskah dan Natal sudah semakin dekat.