Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

MAKAN SIANG NATAL DI SUNTER

Dipublikasikan tanggal 25 December 2016

MAKAN SIANG NATAL DI SUNTER

“Diiik...ibu senang acara Natalnya. Ibu ini orang desa. Tahun depan adakan lagi ya... undang ibu lagi ya, Dik,”ungkap seorang nenek dengan jilbab warna coklat sambil menjabat tangan seorang Panitia Makan Siang Natal. Ia pulang dengan dua buah goodie bag dan sebuah hadiah di kedua tangannya.

Makan Siang Natal (MSN) merupakan makan siang di Hari Natal bersama orang kurang mampu. Ini merupakan tradisi Komunitas Sant’Egidio sejak tahun 1982. Waktu itu sekelompok kecil orang miskin diundang ke meja pesta di  Basilica Santa Maria, Trastevere, Vatikan. Tradisi ini berkembang ke seluruh dunia dan sampai ke Indonesia. Tahun 2016,  atas prakarsa PEMIKAT (Pertemuan Mitra Kategorial) Keuskupan Agung Jakarta, MSN diadakan di 12 lokasi, diantaranya Pejaten, Bekasi, Tangerang, Kedoya, Kramat, Jagakarsa, Ciledug, Kelapa Gading dan ... Sunter !

Sekitar 113 undangan yang terdiri dari para petugas keamanan dan petugas kebersihan di sekitar Gereja Santo Lukas beserta keluarga, memadatai Aula Hendrikus sejak pukul 10.30 wib. Setelah Pastor Yakub Janami Barus, OFMConv, Pastor Kepala Paroki St Lukas Sunter dan Bapak Thomas Tjahja Trisnanto, ketua MSN dari Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) Distrik Jakarta 5 memberi kata sambutan, acara MSN segera dimulai.

Dengan ide-idenya yang cemerlang Orang Muda Katolik (OMK) St Lukas memandu acara dengan sangat baik. Permainan tidak hanya dilakukan untuk anak-anak, tetapi juga untuk para ayah, para ibu dan juga pasutri. Hadiah demi hadiah mengalir diiringi gelak tawa dan canda.Ketika jam menunjukkan pukul 12.00 siang, acara makan dimulai. RD Antara, wakil dari KAJ datang dan ikut makan bersama. Makanan pertama keluar dengan parade topi Santa Klaus  Iring-iringan lonceng dan balon keluar dari pintu samping diikuti ibu-ibu WK dan KTM yang membawa menu pertama.  Acara ditutup dengan pemberian hadiah dari Santa Klaus dan anak-anak OMK kepada para undangan. Suka cita surga memenuhi ruang Aula Hendrikus.

Romo Andang Binawan, SJ, selaku Pastor Moderator PEMIKAT  KAJ mengucapkan proficiat atas terselenggaranya acara MSN ini. “Congrats untuk puncak gerakan hari ini yang membuat iman dan kemanusiaan kita lebih sehat. Semoga hal ini memacu kita untuk bertumbuh dan berbuah lebih banyak serta lebih manis. Anda semua luar biasa ! Saya kira Yesus tersenyum mendapat senyuman manis Anda,”tulisnya di WA.

Hendaklah langit bersuka cita dan bumi bersorak-sorai di hadapan wajah Tuhan, karena Dia sudah datang.