Artikel

Aktualia

BERDIRI TEGUH DALAM TUHAN

Dipublikasikan tanggal 09 May 2017

BERDIRILAH TEGUH DALAM TUHAN

Mukjizat Patung Bunda Maria

Sebuah gereja Katolik di Emory, Gereja St. Yohanes Penginjil, yang berada di daerah Texas bagian timur Amerika Serikat, dihantam oleh badai tornado pada hari Sabtu terakhir bulan April 2017. Empat puluh lima orang sedang berlindung dalam gereja pada hari itu. Badai berhasil menyapu bersih separuh bangunan gereja, dan orang-orang yang berlindung berada kurang lebih 3 meter dari titik ujung badai. Setelah melewati akhir pekan, orang mulai memeriksa keadaan bangunan gereja itu. Bangunan gereja porak poranda, namun secercah sinar pengharapan dan kasih kembali bercahaya setelah mereka menemukan patung Bunda Maria berdiri tegak di tengah reruntuhan. Dalam laman Facebook Keuskupan Tyler menyatakan bahwa tidak ada yang terluka karena rahmat Allah dan perlindungan Bunda Maria. Pada hari Minggu umat berkumpul di luar bangunan gereja untuk merayakan Ekaristi. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa gereja bukanlah bangunan buatan tangan manusia, melainkan komunitas orang-orang beriman.

Patung Bunda Maria di Gereja St. Yohanes Penginjil  Emory Berdiri Teguh di Tengah Reruntuhan

Mukjizat patung-patung Bunda Maria bukan sekali ini saja terjadi. Pada tanggal 31 Oktober 2012 terjadi kebakaran di kawasan Breezy Point Queensborough New York, Amerika Serikat. Pada saat itu sebuah patung Bunda Maria juga luput dari jilatan api (foto di atas).

Sebuah artikel di aleteia.org juga pernah menyiarkan berita tentang kebakaran yang melanda pangkalan militer di Spanyol. Seluruh bangunan rata tanah dan menjadi arang kecuali sebuah patung Bunda Maria yang terdapat di taman bangunan itu. Bahkan vas bunga yang berada di samping patung tersebut juga selamat dari kobaran api. Sangat sulit untuk menyangkal penyelenggaraan ilahi dalam peristiwa ini, karena kobaran api seperti menghormati ruang di sekitar patung Bunda Maria. Foto itu disebarkan di media sosial dan mendapatkan ratusan tanggapan di mana orang berbagi pengalaman mukjizat yang mereka alami dengan benda-benda rohani mereka.

Kobaran Api Tidak Mampu Menyapu Daerah Sekitar Patung Bunda Maria

Penghormatan kepada Bunda Maria yang dilakukan oleh umat Katolik kerap mendapat kecaman keras dari banyak orang. Memang patung adalah patung, dan umat Katolik tidak pernah menyembah patung, namun relasi antara umat Katolik dan Bunda Maria adalah sesuatu yang sangat pribadi. Pelbagai mukjizat terjadi di seluruh belahan bumi berkaitan dengan devosi kepada Bunda Maria, dan peristiwa-peristiwa itu sungguh sulit untuk disangkal kebenarannya atau dianalisis secara logika. Maka, sebagai umat Katolik kita ingat sabda Yesus di kaki salib, “Inilah ibumu!” (Yoh 19:27) dan sudah selayaknya kita sebagai murid Yesus “menerima Bunda Maria di dalam rumah kita”.