Artikel

Aktualia

PERINGATAN 100 TAHUN PENAMPAKAN BUNDA MARIA DI FATIMA

Dipublikasikan tanggal 16 May 2017

PERINGATAN 100 TAHUN PENAMPAKAN BUNDA MARIA DI FATIMA

Anak Berkebangsaan Brasil Mengalami Mukjizat Penyembuhan

Perarakan patung Bunda Maria dari Fatima dan relikui Santo Francisco dan Santa Jacinta Marto membuka perayaan 100 tahun penampakan Santa Perawan Maria di Cova da Iria dan misa kanonisasi dua orang gembala ini.

Relikui berupa rambut Santa Jacinta dan serpihan tulang rusuk Santo Francisco Marto disimpan dalam dua buah relikuiari yang berbentuk lilin. Bentuk relikuiari ini melambangkan kesederhanaan hidup dan perutusan mereka di dunia. Lilin yang sama muncul dalam gambar resmi kedua santo baru ini. Kedua buah relikuiari tersebut diletakkan di kaki patung Perawan Rosario dari Fatima yang terbuat dari kayu dan disimpan di atrium Gereja Bunda dari Fatima. Di sanalah Paus Fransiskus memimpin misa kanonisasi. Selesai misa, gambar dan relikuiari kedua santo ini dikembalikan di Kapel Penampakan untuk disimpan di sana. Di tempat ini juga disimpan rosario sederhana milik Santo Francisco Marto dan relikui lain dari kedua orang gembala ini.

Relikuiaria Santo Francisco dan Santa Jacinta Marto

Ikon Resmi Santo Francisco dan Santa Jacinta Marto

Pada misa kanonisasi kedua orang kudus, tampil sebagai petugas pembawa persembahan Lucas, seorang anak berkebangsaan Brasil yang mengalami mukjizat penyembuhan. Lucas terjatuh dari jendela pada usia lima tahun dan menderita trauma kranial (patahnya tulang tengkorak) serta kehilangan sebagian jaringan otak. Orang tuanya (João Batista dan Lucila Yurie) minta bantuan doa dari biarawati Karmelit dan lewat doa perantaraan Santa Jacinta dan Santo Francisco Marto, Lucas mengalami kesembuhan. Mukjizat ini baru dibuka kepada umum dua hari sebelum kanonisasi, sesuai dengan peraturan kanonisasi Vatikan. Maju pula sebagai petugas pembawa persembahan seorang koster di Fatima yang memiliki kesamaan-kesamaan yang unik dengan peristiwa hari itu. Dia adalah seorang berkebangsaan Argentina bernama Jorge, nama Paus Fransiskus, dan memiliki dua orang anak bernama Jacinta dan Francisco.

Paus Fransiskus Memeluk Lucas yang Mengalami Mukjizat Penyembuhan Berkat Doa Perantaraan Santo Francisco Marto dan Santa Jacinta

Fatima, 12 Mei 2017