Artikel

Aktualia

KOTA INI MILIK KALIAN DAN MILIK KAMI

Dipublikasikan tanggal 29 May 2017

KOTA INI MILIK KALIAN DAN MILIK KAMI

Perbedaan Kita adalah Kekuatan Kita

Komunitas relawan muda Muslim membantu membersihkan dan memperbaiki biara Katolik Santo Gregorius di Mosul, Irak. Hal ini menyiratkan bahwa kota ini adalah juga milik umat Kristiani. Dalam sebuah artikel yang disebarluaskan dalam laman Facebook This is Christian Iraq, terlihat gambar beberapa kaum muda Muslim sedang bekerja di biara itu yang juga dikenal dengan nama Mar Georges. Di tempat ini beredar hoax tentang penganiayaan terhadap umat Kristiani.

This is Christian Iraq” menyatakan bahwa, “After false rumors were spread about a Christian family being terrorized by the Muslim inhabitants of Al Arabi neighborhood in Mosul. Young Muslim volunteers from that neighborhood headed to the Monastery of Mar Georges to clean it up and repair it and to show that "Mosul is yours as it's ours" and "our differences are our strength". (Setelah beredar kabar burung tentang keluarga Kristiani yang diintimidasi oleh penduduk Muslim di Al Arabi Mosul, relawan muda Muslim di daerah itu bergegas menuju Biara Mar Georges untuk membersihkan dan memperbaikinya dan hal ini menunjukkan bahwa “Mosul adalah milik kalian dan milik kami” serta “perbedaan kita adalah kekuatan kita”)

Biara Santo Gregorius didirikan pada abad X dan dibangun kembali pada pertengahan abad XIX oleh Gereja Katolik Kaldea. Bangunan ini diserang berkali-kali selama pendudukan kelompok ISIS di daerah itu. Pada saat ini gabungan pasukan Irak dan militia Peshmerga Kurdistan berjuang untuk membebaskan seluruh kota Mosul dari cengkeraman pasukan ISIS. Diperkirakan 10% dari kota Mosul masih berada di tangan mereka.

Foto: This is Christian Iraq