Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

SANTO LEOPOLDUS, RASUL PEMERSATU, PELINDUNG WILAYAH KAMI !

Dipublikasikan tanggal 10 June 2017

SANTO LEOPOLDUS, RASUL PEMERSATU, PELINDUNG WILAYAH KAMI !

Peringatan Hari Ulang Tahun Lingkungan Santo Leopoldus yang ke-16 sebenarnya jatuh pada tanggal 12 Mei 2017 yang lalu. Tetapi umat lingkungan sengaja merayakannya pada hari Jumat, 9 Juni 2017 di rumah Pak AH Gunawan, Komplek Nirwana Sunter Asri Tahap 3, karena lingkungan ini akan dimekarkan, bertepatan dengan acara Misa Wilayah yang dipimpin oleh Pastor Petrus Gonzales Zonggar, OFMConv.

Lingkungan Santo Leopoldus dan Lingkungan Santo Diego, yang sebelumnya tergabung dalam Wilayah Santo Fransiskus Asisi akan dimekarkan menjadi Wilayah Santo Leopoldus. Lingkungan Santo Leopoldus akan dimekarkan menjadi Lingkungan Santa Maria Crescentia Hoss, di Komplek Nirwana Sunter Asri Tahap 3 dan Lingkungan Santa Rosa Da Viterbo, di Komplek Taman Sunter Agung 2.

Ketua Lingkungan Santo Leopoldus, Bapak Handy Hamidy, akan menjadi Ketua Lingkungan Santa Rosa Da Viterbo, sehingga harus dipilih lagi Ketua Lingkungan Santa Maria Crescentia Hoss. Pada malam ini, terpilih secara musyarawah mufakat, Ibu Linni Ongso dan Ibu Hennie sebagai Ketua dan Wakil Ketua Lingkungan Santa Maria Crescentia Hoss.

Menurut sebagian besar umat lingkungan, sebenarnya di usia 16 tahun bukanlah usia yang cukup matang bagi lingkungan ini untuk dimekarkan. Tetapi, umat pun menyadari dan merasa bersyukur  melihat pertumbuhan jumlah umat, partisipasi keterlibatan dan kebersamaan serta kreatifitas dan kedewasaan dalam pertumbuhan iman umat.

Dalam proses pemilihan Ketua Lingkungan dan Wakil Ketua Lingkungan, tidak terdapat kesulitan berarti. Semua umat bersedia membantu dan mendukung, oleh sebab itu pemilihan dapat dilaksanakan dengan musyawarah mufakat. Mengapa demikian ?

Sebab, kepengurusan di lingkungan ini sejak beberapa periode kepengurusaan sebelumnya mempunyai tradisi kebersamaan dan komitmen bahwa kepengurusan lingkungan akan diupayakan secara bergilir, sehingga setiap umat akan mendapatkan  kesempatan untuk ikut dan berperan menjadi pengurus, berkarya membangun umat Kerajaan Allah.

Adalagi yang khas dan spesial dari Lingkungan Santo Leopoldus yaitu mereka suka bernyanyi pada setiap kesempatan. Bahkan mempunyai lagu kebanggaan yaitu Mars Lingkungan Santo Leopoldus.

Cobalah simak isi lagu tersebut:

"Bapa Pengakuan dosa kami, Santo Leopoldus, bersahabat dengan setiap mahluk sebagai saudara. Dengan s’mangat melayani, penuh cinta kasih, salurkan belas kasih Allah, kepada umat-Nya. Melayani setiap hati dengan penuh cinta kasih, berkorban menderita, menanggung beban sesama. Santo terkasih, Bapa yang suci, Teladan Mulia. Menjadi Bapa Gereja, sebagai Rasul Pemersatu. Santo Leopoldus terkasih, Pelindung Lingkungan kami !"

Jadi, sangatlah tepat kalau sekarang nama  Santo Leopoldus, dengan segala gelar dan kualitas imamatnya itu, kini menjadi "Pelindung Wilayah Kami" !!!

Artikel: Antonius Tanuwijaya, Leopoldurian