Artikel

Aktualia

GERBONG KERETA API MENJADI BIARA

Dipublikasikan tanggal 11 August 2017

GERBONG KERETA API MENJADI BIARA

Kisah Unik Saudara Dina Rinnovati

Kalau umat berbicara tentang biara, pasti membayangkan sebuah gedung yang besar dengan halaman luas, kapel, dan ruang-ruang lainnya. Namun, para saudara dina di daerah selatan Italia memilih model biara yang unik, dengan memanfaatkan gerbong-gerbong kereta api. Biara imam-imam fransiskan “i frati minori rinnovati” dikenal dengan nama “stasiun jiwa” (It. la stazione dell’anima) dan terletak di kawasan Scampia, yang merupakan salah satu zona paling berbahaya dan paling miskin di kota Napoli.

Lima gerbong digunakan sebagai biara, kapel, dan ruang bersama. Biara gerbong itu masih dilengkapi dengan taman, dan sebuah kontener yang digunakan untuk menerima kunjungan tamu, dan sebuah bengkel. Kepala biara, P. Carlo, menjelaskan kepada harian Corriere del Mezzogiorno, bahwa gerbong-gerbong tersebut adalah sumbangan dari perusahaan kereta api negara.

Selain hidup membiara di gerbong kereta api, delapan orang anggota komunitas juga tidak pernah berurusan dengan uang, dan mencoba untuk bertahan hidup dari kemurahan hati warga kota Napoli, yang setia memberikan makanan dan segala keperluan hidup. Menurut P. Carlo, kereta api melambangkan sebuah perjalanan, di samping kesederhanaan. Melalui nilai-nilai ini mereka berupaya memulihkan spiritualitas dan ajaran Santo Fransiskus.

Para anggota komunitas juga bekerja sama dengan sebuah paroki di daerah tersebut di mana mereka membantu mempersembahkan misa, mengunjungi orang sakit, para tahanan, dan kunjungan umat. Biara ini acap mendapat kunjungan dan sebaliknya para anggota komunitas juga sering melakukan kunjungan kepada warga di sekitar biara. Kesempatan berharga ini digunakan untuk memberikan nasihat dan berdiskusi dengan umat. Dengan demikian, mereka yang selama ini merasa tersisihkan dapat melihat kehidupan dengan kaca mata kristiani.

Kepala biara juga menceritakan bahwa setiap kali orang datang ke biara, mereka selalu berseru, „Betapa damainya!“ Kondisi daerah Scampia sangat terpuruk dengan tingkat kejahatan yang sangat tinggi. Namun, sesungguhnya masih ada orang-orang tertentu yang memberontak terhadap kenyataan ini. Mereka datang ke biara untuk meminta nasihat. Ordo Frati Minori Rinnovati hadir di tempat-tempat lain di Italia dan juga di negara Colombia dan Tanzania.

Sumber: Famiglia Cristiana