Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Herbal Dan Apotik Hidup Untuk Lansia

Dipublikasikan tanggal 19 August 2017

Penyuluhan Pemanfaataan Tanaman Herbal Dan Apotik Hidup Untuk Lansia

Pada tanggal 19 Agustus 2017 pukul 10.00 bertempat di pondok paroki  diadakan penyuluhan pemanfaatan tanaman herbal dan apotik hidup untuk lansia. Acara dimulai dengan doa pembukaan oleh Ibu Bandi lalu perkenalan dengan nara sumber yang akan memberi penyuluhan yaitu Bapak Robertus Belaminus Sutarno. Beliau ini adalah aktivis lingkungan, salah satu idenya adalah Kampung Berseri. Beliau juga seorang nominator penerima Kalpataru Nasional.

Dalam penyuluhan ini, Bapak  Sutarno mengajarkan bahwa setiap sampah rumah tangga itu bisa di kelola dengan baik misalnya para ibu yang habis memasak sebelumnya pasti ada sampah dari sayuran yang tidak terpakai nah itu di kumpulkan di satu gentong yang sudah di modifikasi sebelumnya yang nantinya akan menghasilkan air sampah yang bisa di gunakan sebagai pupuk. Dan nanti ampas yang tidak terpakai bisa dijadikan pupuk kompos. Sampah ember bekas misalnya bisa digunakan untuk pot tanaman hidroponik dan sangat berguna karena dapat mengurangi sampah hingga 80%.

Disamping itu Bapak Sutarno mengatakan kalau kita menanam tanaman, kita juga harus memperhatikan manfaat dari tanaman tersebut sehingga bisa di gunakan untuk kesehatan seperti tanaman herbal dan apotik hidup. Bapak Sutarno juga memberikan beberapa resep obat-obat herbal untuk kesehatan terutama untuk mereka yang sudah masuk usia lansia karena tanaman herbal itu bagus untuk memperbaiki sel-sel yang mungkin sudah tidak berfungsi dengan baik. Dalam acara ini juga kita ketahui ternyata dari tanaman yang sering kita jumpai misalnya kumis kucing, ciplukan, bawang putih,bawang merah, jahe, temulawak, kunyit mengandung banyak khasiat.

Di akhir acara Bapak Sutarno menjual beberapa tanaman obat dan pupuk yang bisa langsung digunakan. Rangkaian acara ditutup dengan doa makan dan makanan yang disediakan adalah makanan sehat seperti pecel sayur, minuman bir pletok, kunir asem, beras kencur.

Semoga acara ini dapat berkesinambungan karena manfaat yang di berikan baik untuk generasi kita.