Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

SIAPA YANG BERBAHAGIA?

Dipublikasikan tanggal 14 October 2017

SIAPA YANG BERBAHAGIA?

Rekoleksi PWK Santa Monika

PWK (Perhimpunan Warakawuri Katolik) Santa Monika adalah kelompok kategorial yang berada di Paroki Sunter sejak tahun 2002. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia "warakawuri" berarti wanita yang ditinggal mati oleh suaminya atau janda. Ibu Caecilia Tri Meiarti, dalam wawancaranya dengan Team Komsos Paroki Sunter, menyatakan bahwa beliau sudah lima tahun menjadi ketua PWK Santa Monika dan merupakan ketua kedua sejak komunitas berdiri. Maka, Ibu Tri Meiarti berupaya agar ada regenerasi dalam kepengurusan PWK Santa Monika.

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh PWK Santa Monika adalah pertemuan setiap hari Sabtu minggu ketiga pukul 16.30 di Biara Ursulin Pondok Angela. Pertemuan biasa diisi dengan ibadat, doa Rosario, pendalaman Kitab Suci dll. Kadang mereka juga berdoa di depan Goa Maria di Gereja. Komunitas PWK Santa Monika memiliki 50-an anggota, meskipun yang terlibat aktif hanya sekitar 20-an. Sr. Amanda Juli Prastiwi, OSU menjadi pendamping rohani PWK Santa Monika sejak bertugas di Sunter bulan Juni 2016.

Tahun 2017 PWK Santa Monika menyelenggarakan ziarah ke Goa Maria Subang dan rekoleksi yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2017 dengan tema “Siapa yang Berbahagia”? Sebagai narasumber hadir Sr. Amanda Juli Prastiwi, OSU. Menjawab pertanyaan dari Team Komsos Paroki Sunter, Sr. Amanda menyatakan bahwa tujuan rekoleksi ini adalah untuk membawa seluruh anggota komunitas untuk merenungkan bahwa image seorang janda yang menderita dan tidak terperhatikan harus diubah. Tuhan yang merencanakan bahwa seorang wanita harus menjanda dan dengan demikian memperhatikan, memilih, dan mengutusnya. Maka, dalam tugas perutusannya, seorang janda harus menampakkan sukacita injili dan membagikannya kepada orang lain. Para janda adalah wanita hebat yang harus semakin terlibat dalam panggilannya sebagai pendoa.

Rekoleksi kali ini diikuti oleh 54 orang peserta dan terdiri dari tiga sesi:

  1. Sesi pertama merenungkan bacaan Injil dari Luk 11:27-28 di mana para peserta merenungkan saat-saat mereka mengandung dan perasaan mereka selama merasakan ada bayi yang tumbuh dalam rahim mereka.
  2. Sesi kedua merenungkan bacaan Injil dari Mat 12:46-50 di mana para peserta diajak untuk merenungkan apakah mereka sudah dapat disebut sebagai ibu dan saudara atau saudari Yesus?
  3. Sesi ketiga merenungkan bacaan Injil Mat 22:1-14 di mana para peserta diajak untuk merenungkan tentang undangan dari Tuhan dan bagaimana berupaya supaya dapat diterima masuk ke dalam perjamuan Tuhan.

Acara yang berlangsung sampai sore hari ini dibuka dengan Himne PWK dan doa kepada Santa Monika. Sr. Amanda membuka acara dengan latihan pernapasan sehingga peserta menjadi rileks sebelum memulai rekoleksi. Semoga PWK Santa Monika semakin eksis dalam pelayanan baik di Gereja maupun di masyarakat.

Kili disini untuk melihat foto-foto rekoleksi PWK St Monika