Artikel

Aktualia

SANTO ARTEMAS

Dipublikasikan tanggal 31 October 2017

ST ARTEMAS

Teman Pelayanan St. Paulus

Wilayah Santo Thomas Rasul menyambut dengan penuh sukacita kelahiran lingkungan baru yang diberi nama St. Artemas. Tidak banyak tulisan yang dapat diperoleh tentang orang kudus ini. Nama "Artemas" kemungkinan besar adalah singkatan dari "Artemidoros". Secara etimologi kata "Artemidoros" berasal dari dua kata Yunani "Artemis" dan "doron". Dalam mitologi Yunani Artemis adalah putri dari dewa Zeus dan Leto. Dia memiliki saudara kembar yang bernama Apollo. Artemis merupakan dewi hutan, bulan dan perbukitan serta selalu digambarkan membawa busur perak dan anak panah. Kata "doron" berarti "anugerah". Maka, kata Artemas atau Artemidoros berarti "anugerah Artemis". Kemungkinan orang tua St. Artemas adalah pemuja dewi Artemis dan menganggap putranya sebagai anugerah dari sang dewi.

St. Artemas merupakan teman pelayanan St. Paulus. Dalam suratnya kepada St. Titus Paulus menulis,

Segera sesudah kukirim Artemas atau Tikhikus kepadamu, berusahalah datang kepadaku di Nikopolis, karena sudah kuputuskan untuk tinggal di tempat itu selama musim dingin ini. (Tit 3:12)

Seperti diketahui Titus adalah penatua jemaat di pulau Kreta. Nampaknya Paulus membutuhkan Titus dalam pelayanannya, maka dia mengutus Artemas atau Tikhikus untuk menggantikan Titus. Namun, karena dalam suratnya yang lain (bdk. 2 Tim 4:12, Ef 6:21) ternyata Tikhikus diutus oleh Paulus ke Efesus, nampaknya Artemaslah yang dikirim ke pulau Kreta untuk menggantikan Titus.

Catatan Dorotheus dalam Biblia Maxima menyatakan bahwa Artemas adalah salah satu dari 70 orang murid yang diutus oleh Yesus (bdk. Luk 10:1). Tradisi mencatat bahwa St. Artemas menjadi uskup pertama dari kota Listra, kota yang diinjili oleh Paulus dalam perjalanan misi pertama dan kedua.

Meskipun sejarah tidak mencatat banyak mengenai perjalanan hidup St. Artemas, namun Kitab Suci mencatat dengan jelas bahwa orang kudus ini adalah penyambung estafet kepemimpinan pastoral di pulau Kreta dari St. Titus. Maka, tentulah nama ini cocok untuk lingkungan baru di wilayah Santo Thomas Rasul, yang merupakan pemekaran dari lingkungan St. Titus. Lingkungan baru ini akan melayani umat di kawasan apartemen Sunter Icon. Pesta St. Artemas diperingati setiap tanggal 30 Oktober.