Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

SEMINAR KESETARAAN GENDER

Dipublikasikan tanggal 01 May 2018

Seminar Kesetaraan Gender

Seksi Keadilan dan Perdamaian Gereja Santo Lukas, Paroki Sunter mengadakan seminar dengan tema " Mengupas Kesetaraan Gender dan Emansipasi Lintas Generasi Jaman Now" bertempat di lantai dua pondok paroki, Sabtu(28/4). Seminar yang dihadiri sekitar 90 orang ini berlangsung selama lebih kurang tiga jam dimulai pk. 09.30 WIB. Hadir sebagai narasumber yaitu : Iswanti, penulis dan peneliti; Agnes Dosorini Psi, psikolog; dan Dra. MM Trwarmiyati M.Sc, anggota pengurus Komisi Keadilan dan Perdamaian KAJ.

Dalam pemaparannya, Iswanti mengajak peserta seminar memahami pengertian Emansipasi. Emansipasi adalah segala upaya untuk mendapatkan persamaan hak ( sosial / politik, dan sebagainya). Ini biasanya dialami oleh yang tidak punya hak karena dianggap tidak sederajat, kelas dua, dan sebagainya, atau di dalam struktur yang hirarkis / piramidal.

" Sampai saat ini masih ada persoalan terkait emansipasi, yaitu ketidakadilan yang berbasis pada : jenis kelamin, kelas sosial, suku/ras, dan umur. Namun, seringkali tanpa disadari, persoalan itu muncul dari perasaan ketidakmampuan terhadap kecakapan tertentu. Misalnya ketika seorang perempuan dipercaya untuk menduduki suatu jabatan tertentu yang cukup penting, spontan memberi respon dengan  ungkapan , ' Saya ini kan perempuan... !' ", tutur Iswanti.

Artikel: H.H

Klik disini untuk lihat Foto- foto Seminar Kesetaraan Gender