Artikel

Aktualia

ANCAMAN BOM DI VATIKAN

Dipublikasikan tanggal 24 May 2018

ANCAMAN BOM DI VATIKAN

Italia dalam Status Siaga

Ancaman bom ternyata juga merambah ke Vatikan. Hari Rabu, 23 Mei 2018 jam 09.30 pihak keamanan Vatikan menerima sebuah panggilan telepon yang menyatakan bahwa ada bom di sebuah kantor bank yang terletak di Via San Pio X, yang berdampingan dengan Via dela Conciliazione. Segera beberapa jalan di sekitar Lapangan Santo Petrus dibatasi dengan garis polisi dan beberapa gedung harus dikosongkan.

Pihak keamanan Vatikan segera menerapkan protokol anti teroris dengan mengosongkan beberapa gedung, menutup beberapa jalan dan menghentikan pelayanan transportasi publik. Namun, untuk mencegah kepanikan, Vatikan memutuskan untuk tidak menghentikan Audiensi Umum yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di lapangan Santo Petrus, yang hari itu padat dengan ribuan umat.

Akhirnya, setelah proses pemeriksaan, ternyata ancaman bom itu palsu dan kondisi siaga pun dicabut. Italia, juga negara-negara Eropa lainnya,  berada dalam status siaga menangkal terorisme. Terlebih-lebih setiap hari Rabu pihak keamanan Vatikan meningkatkan langkah-langkah pengamanan karena dilangsungkan Audiensi Umum di lapangan Santo Petrus.

Sumber: www.dailystar.co.uk