Artikel

Aktualia

KUNCI KEBERHASILAN TIM SEPAK BOLA KROASIA

Dipublikasikan tanggal 16 July 2018

KUNCI KEBERHASILAN TIM SEPAK BOLA KROASIA

Sang Pelatih Membuka Rahasia

Direktur teknik kesebelasan Kroasia, Zlatko Dalic, pantas berbangga karena tim asuhannya berhasil masuk ke babak final Piala Dunia Rusia 2018, meskipun akhirnya harus mengakui keunggulan lawan mereka, kesebelasan Prancis. Di balik kesuksesan tim Kroasia, dengan penuh kerendahan hati sang pelatih menyatakan bahwa semua keberhasilan ini adalah berkat iman kepada Allah. Ternyata selama ini Dalic selalu membawa rosario bersamanya dan rajin berdoa.

Hal ini disampaikan oleh Dalic dalam sebuah acara “Mengapa Saya Percaya” yang ditayangkan oleh Radio Katolik Kroasia “Hrvatski Katolicki Radio” pada pertengahan bulan Juni lalu dalam rangka pembukaan Piala Dunia. Acara ini ditayangkan ulang ketika kesebelasan Kroasia berhasil membukukan kemenangan demi kemenangan dalam ajang pesta olahraga sepak bola dunia ini. Sang pelatih kesebelasan Kroasia dengan tegas menyatakan bahwa semua yang telah diraihnya dalam kehidupan dan karir profesionalnya adalah buah dari imannya kepada Allah, oleh sebab itu dia sangat bersyukur kepada-Nya. Seperti diketahui bersama, kesebelasan Kroasia berhasil melaju ke babak final setelah mengalahkan kesebelasan Inggris 2-1 pada tanggal 11 Juli yang lalu.

“Saya sangat bersukacita dengan apa yang sedang saya saksikan. Tanpa iman yang tangguh dan motivasi yang baik, tidak mungkin rasanya kami mencapai prestasi ini. Ketika seorang manusia kehilangan pengharapan, dia harus berpaling kepada Allah dalam imannya," demikian pengakuan Dalic. Dia juga berkisah bagaimana dia selalu membawa rosario bersamanya dan ketika sedang melewati masa-masa yang sulit, dia mengambil rosario itu dari tasnya dan mulai berdoa. Sesudah itu, semua permasalahan sulit terasa lebih mudah.

Dalic menyadari bahwa bangsa Kroasia sangat mengharapkan agar tim kesebelasan mereka dapat meraih gelar juara karena begitu banyak penduduk Kroasia yang menggemari olahraga sepak bola dan mereka sangat mencintai tim kesebelasan mereka. Dalam setiap pergumulan hidup, Dalic berpendapat bahwa hal positif dalam kehidupan manusia adalah bagaimana manusia harus selalu merasa bersyukur, bersukacita dan membuahkan hasil dari sebuah perjuangan keras. Di samping itu, manusia harus jujur terhadap dirinya sendiri dan terhadap orang lain.

Zlatko Dalic berusia 51 tahun, menikah dan memiliki dua orang anak. Ketika masih muda, dia tampil bersama tim-tim sepak bola Kroasia misalnya Hajduk Split, Inter Zapresic dan Varteks Varazdin. Pada tahun 2000 karirnya sebagai pesepak bola profesional mencapai puncaknya dan dia mulai melatih berbagai tim sepak bola Kroasia. Pada tahun 2010 dia juga pernah menjadi pelatih tim sepakbola Saudi Arabia Al-Faisaly Harmah dan kemudian Al-Hilal. Setahun kemudian dia dipindahkan ke  Uni Emirat Arab untuk menjadi pelatih klub Al-Ain. Pada bulan Oktober 2017 dia didapuk menjadi direktur teknik tim nasional Kroasia.

Final Piala Dunia 2018 Kroasia - Perancis, Kroasia Kalah Terhormat