Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PERAYAAN EKARISTI HARI PANGAN SEDUNIA 2018

Dipublikasikan tanggal 21 October 2018

Perayaan Ekaristi Hari Pangan Sedunia 2018

Minggu 21/10 2018 Paroki Sunter merayakan Hari Pangan Sedunia (HPS) secara meriah khususnya pada perayaan Ekaristi pk 08.30 dan 11.00. Altar dihiasi aneka buah, sayuran, dan bahan pangan lainnya. Pada akhir Misa, umat dapat mengambil aneka jajanan pasar secara cuma-cuma di teras gereja.

Bapak Uskup Suharyo Keuskupan Agung Jakarta menyampaikan Surat Gembala mengenai HPS pada Minggu sebelumnya, 14/10, di mana pada tahun 2018 ini tema yang diangkat adalah "Keluarga sebagai Komunitas Berbagi Pangan". Keprihatinan terhadap kelaparan di dunia mendorong Gereja Katolik untuk aktif mengatasi kelaparan dan kekurangan pangan ini. Tindakan yang mungkin dilakukan adalah makan dalam jumlah yang cukup sehingga tidak ada makanan yang terbuang. Jika ada makanan yang berlebih, usahakan untuk membaginya kepada orang lain yang berkebutuhan, selain itu kita juga berlaku hemat air, bersikap ugahari (sederhana), dan berani mengatakan cukup saat makan, dsb.

Mari kita memelihara keutamaan-keutamaan kemanusiaan dan Kristiani seperti berbela rasa untuk mengatasi kelaparan dan kekurangan pangan masyarakat kita.