Artikel

Aktualia

BULAN MARIA DI NEGERI CHILI

Dipublikasikan tanggal 09 November 2018

BULAN MARIA DI NEGARA CHILI

8 November – 8 Desember 

Berbeda dengan negara-negara lain,  Gereja Katolik di Chili mulai merayakan Bulan Maria pada tanggal 8 November, sebuah bulan perayaan yang penuh dengan ekspresi kasih bagi Bunda Yesus. Bulan Maria di negara itu berakhir pada Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa pada tanggal 8 Desember. Seperti diketahui bersama, Bulan Maria di kebanyakan negara dirayakan pada bulan Mei, namun karena temperatur udara pada bulan itu masih sangat dingin di negeri Chili, perayaan Bulan Maria dipindahkan ke bulan November, sebagaimana diusulkan oleh Uskup Auksilier Santiago Mgr. Joaquín Larrain Gandarillas pada tahun 1854.

Para devosan menunjukkan cinta kasih mereka kepada  Bunda Maria dengan cara membuat altar,  melaksanakan ibadat doa di dalam komunitas, mendaraskan doa Rosario, prosesi, dan kegiatan-kegiatan devosi lainnya. Sesuai tradisi yang sudah berlangsung cukup lama Katedral Metropolitan Santiago di Chili menghormati Santa Perawan Maria lewat doa-doa harian, Rosario, perayaan Ekaristi, penerimaan Sakramen Tobat dan Adorasi Ekaristi. Kantor berita Konperensi Waligereja Chili menyediakan sebuah platform digital berjudul “Con Mi Madre Cada Día” (Bersama Bundaku Setiap Hari) yang menawarkan doa-doa harian selama berlangsungnya Bulan Maria, pedoman untuk Lectio Divina, Litani, informasi tentang tempat-tempat ziarah Marianis, bahkan katekese untuk anak-anak.

Untuk kegiatan rohani di rumah-rumah, Delegasi Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Santiago menerbitkan buku doa Bulan Maria bekerja sama dengan Konperensi Waligereja Chili. Seminari Kepausan Santiago setiap hari selama Bulan Maria mengunggah video tentang Bunda Maria ke situs Facebook dan Instagram dengan hashtag #MariaMadreDeLasVocaciones (Maria Bunda Karya Panggilan). Salah satu fitur doa yang menarik adalah doa yang disusun oleh Pastor Rodolfo Vergara Antúnez, berupa doa di awal dan di akhir Bulan Maria, yang didoakan bersama oleh ribuan umat Katolik di seluruh negeri Chili.

Buku Doa Bulan Maria (Sumber: Editorial San Pablo Chile)