Artikel

Aktualia

SEMARAK NATAL KOMUNITAS ORTODOKS

Dipublikasikan tanggal 07 January 2019

SEMARAK NATAL KOMUNITAS ORTODOKS

Umat Kristen Ortodoks Merayakan Hari Natal pada Tanggal 7 Januari

Pesta Natal mungkin saja baru usai dengan berlalunya Hari Raya Penampakan Tuhan atau Epifani pada tanggal 6 Januari 2019, namun beberapa komunitas Kristiani di dunia justru baru merayakannya pada bulan Januari. Misalnya, komunitas Kristen Ortodoks di beberapa negara merayakan hari Natal pada hari ini tanggal 7 Januari. Perbedaan ini terjadi karena mereka mengikuti penanggalan yang berbeda yaitu Kalender Yulianus. Pada tahun 45 SM, Kaisar Yulius dari Roma menciptakan Kalender Yulianus. Menurut penanggalan ini, hari Natal jatuh 13 hari setelah tanggal 25 Desember. Natal Ortodoks ini masih dirayakan di Mesir, Yunani, Rusia, dan Ukraina.

Pesta Natal Ortodoks dirayakan dengan banyak simbol yang mirip dengan Natal 25 Desember, yang mengikuti Kalender Gregorianus. Suasana Natal Ortodoks disemarakkan dengan pohon Natal, karangan bunga dan hadiah-hadiah. Natal Ortodoks juga menjadi saat istimewa untuk berdoa dan melakukan permenungan. Hari Natal Ortodoks mengakhiri masa Adven mereka yang berlangsung selama 40 hari. Selama masa Adven Ortodoks, umat berpantang daging. Maka, pada malam Natal Ortodoks, 6 Januari, mereka menikmati santap malam Natal istimewa yang menyajikan 12 hidangan vegetarian, yang melambangkan 12 rasul Yesus.  Setelah itu mereka melakukan doa bersama keluarga. Pada hari Natal Ortodoks, 7 Januari mereka pergi ke gereja untuk melaksanakan ibadah, lalu tukar kado, berpesta dan melewatkan saat-saat bersama sanak dan sahabat.

Salah Satu Menu Santapan Malam Natal - Sup Bit 

Meja santap malam dihias dengan taplak berwarna putih, yang melambangkan kain lampin yang membungkus Bayi Yesus. Kadang jerami juga digunakan untuk menghias meja santap malam, karena mengingatkan umat akan palungan tempat Bayi Yesus terbaring. Setelah bersantap malam, keluarga saling menyapa tetangga dan membawa hadiah berupa kue, permen, dan coklat.

Perangkat dan Meja Santap Malam Natal Dihiasi dengan Taplak Putih 

Di beberapa negara, seperti Belarusia, ada tradisi untuk mengunjungi rumah-rumah terdekat sambil menyanyikan koliadky (lagu-lagu pujian) sambil menari untuk para tetangga. Di negara-negara lain umat berjalan menuju laut, sungai dan danau pada hari Natal. Di sana mereka melaksanakan ibadah untuk merayakan hari kelahiran Kristus.

Semarak Umat Merayakan Natal dengan Kidung-kidung Pujian