Artikel

Orang Muda Katolik

RAHASIA NEGERI DI DEPAN MATA

Dipublikasikan tanggal 18 March 2019

"RAHASIA NEGERI DI DEPAN MATA"

LOVE PROJECT Bina Iman Remaja St Lukas tahun ini membawa kami berpetualang di Monumen Nasional.

#scene01

Pada Minggu, 10 Maret 2019, 44 peserta dan panitia Bina Iman remaja berkumpul di sekolah Santo Lukas untuk memulai petualangan. Setelah semua berkumpul, kami menaiki bis Metro Mini yang mengantarkan kami menuju Lapangan Monas. Terima kasih untuk Pak Eko, supir Metro Mini yang dengan sabar menunggu kami dari jam 6 pagi.

#scene02

Sesampainya di Monas, para peserta dibagi menjadi 5 kelompok. Kami diberikan waktu 2 jam untuk memecahkan petunjuk dan menjawab tantangan yang sudah disiapkan dalam amplop. Kami menjelajahi ruang diorama, ruang Kemerdekaan, relief dan lingkungan sekitar Monas untuk menemukan harta karun yang lebih dari sekedar emas perak. Di sini kami menemukan berbagai informasi tentang sejarah dengan cara yang sangat fun. Selain mencari jawaban, kami pun harus berfoto untuk beberapa tantangan yang berhasil dijawab.

#scene03

Tidak terasa sudah 2 jam berlalu, kami pun berkumpul di ruang diorama. Setelah lengkap, kami berjalan menuju ke taman Monas untuk beristirahat dan makan siang. Selain itu, kami melakukan pemrosesan atas semua kegiatan yang kami lakukan hari ini.

#scene04

Kami mendapatkan nilai-nilai seperti kerja sama antar anggota tim. Kami belajar untuk saling mendengarkan dan saling mendukung di saat yang sulit. Ada kelompok yang harus beberapa kali berkeliling ruang indoor dan outdoor untuk mencari petunjuk. Kegigihan dan sikap tidak mudah menyerah menjadi hal yang kami tanamkan ke diri kami. Kami menjadi semakin cinta tanah air dan berkobar  semangat patriotisme saat menelaah kembali informasi sejarah dari masa penjajahan sampai masa kemerdekaan Indonesia. Kami bangga melihat peran umat Katolik dalam berbagai peristiwa kemerdekaan Indonesia. Selain itu, kami juga melihat bagaimana kiprah bangsa dalam berbagai peristiwa dunia seperti Konferensi Asia Afrika. Hormat pada para pahlawan bangsa semakin mengiang dan rasa syukur kepada Tuhan semakin kami panjatkan.

#scene05

Kegiatan LOVE Project: Rahasia Negeri di Depan Mata dimaksudkan sebagai kegiatan pembukaan untuk memasuki masa Pra Paskah yang mengambil tema "Kita Behikmat, Bangsa  Bermartabat". PIC Sergio dan Victoria menitipkan pesan untuk seluruh remaja  Gereja Santo Lukas agar mau terus mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan rasa cinta tanah air melalui berbagai kegiatan yang positif. Semoga para remaja berkembang menjadi pribadi yang makin berhikmat dan menjadi bagian dari bangsa yang bermartabat.

Sampai berjumpa pada LOVE Project tahun depan. Salam 2D2K.