Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PEMBAHARUAN JANJI SETIA FRANSISKAN JAKARTA

Dipublikasikan tanggal 16 May 2019

Pembaharuan Janji Setia Fransiskan Jakarta

Mewujudkan Nilai Fransiskan untuk Meninggikan Martabat Manusia Indonesia.” Sebuah kalimat yang terentang di banner kecil yang tergantung di panggung Aula Hendrikus, Sunter. Ini menandakan bahwa di tempat ini akan diadakan sebuah acara, yakni pembaharuan janji setia Fransiskan/nes Jakarta (Kanesta) kepada Bunda Gereja yang Kudus.

Sekitar pukul 14.00-15.30 WIB, para anggota Kanesta dan para tamu undangan lainnya mulai berdatangan ke Aula Hendrikus, Sunter. Tepat pukul 15.30 WIB, Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta tiba di depan Aula Hendrikus dan langsung diterima dan ditemani oleh Romo Yakub Janami Barus OFMConv dan Romo Bonaventura Hendrikus Roi Gultom OFMConv. Tak lama berselang acarapun dimulai. Acara tersebut adalah acara Talk Show mengenai pengalaman menjadi volunter di Donggala pasca-tsunami oleh Fr. Edo OFM dan pengalaman mengurus Rumah Singgah St. Antonius Padua oleh Fr. Fano OFM.

Kedua  frater mengisahkan pengalaman mereka dan juga suka duka yang mereka  hadapi di tempat karya mereka masing-masing. Seusai mengisahkan, para peserta dipersilahkan untuk bertanya. Kesempatan bertanya hanya diberikan kepada 3 penanya dari 175 peserta. Untuk mengakhiri acara Talk Show ini, Bapa Uskup memberi beberapa penegasan. Pertama, meninggikan martabat manusia merupakan sesuatu yang luas tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang menderita. Kedua, meninggikan martabat manusia juga berkaitan dengan Pendidikan karakter. Hal ini terkait dengan homonisasi, humanisasi, dan divinisasi karena zaman ini telah terjadi perendahan terhadap martabat manusia sendiri. Ketiga, meninggikan martabat manusia merupakan usaha yang tidak mudah dan tidak akan pernah berakhir pada masa tertentu karena setiap masa mempunyai problem tersendiri.

Acara ini ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Ignatius Suharyo. Dalam perayaan Ekaristi terdapat bagian di mana para anggota Kanesta memperbaharui janji setianya dan janjinya diterima oleh Bapak Uskup selaku pejabat Gereja Roma yang sah, sesuai tradisi para fransiskan. Seusai perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan acara makan malam bersama.

Artikel : Fr.Urbanus Tangi OFM

Klik disini untuk lihat Foto- Foto Kanesta