Artikel

Orang Muda Katolik

SEMINAR FINANCIAL FREEDOM

Dipublikasikan tanggal 16 May 2019

Seminar Financial Freedom: Smart Investing To Reach

Melek Keuangan dengan Investasi

Minggu, 5 Mei 2019 – Jakarta. Pukul 12.00, setelah misa ketiga, pondok paroki terlihat ramai dikunjungi oleh umat karena Komunitas Karyawan Muda Katolik (KKMK) Paroki Santo Lukas mengadakan seminar Financial Freedom: Smart Investing To Reach. KKMK selalu berusaha mengadakan kegiatan sesuai kebutuhan umat Paroki dengan memberikan sesi-sesi seminar yang dekat dengan kehidupan umat yang bekerja, membuka usaha, dan memenuhi kebutuhan hidup orang-orang yang dicinta. Setelah sukses dengan seminar Digital Entrepreneur dibulan Agustus 2018 lalu. KKMK  kembali membuat seminar bertajuk Financial Freedom, bagaimana memiliki beberapa sumber pengahasilan dimasa kini, dengan menghadirkan pembicara yang  ahli dibidang analis keuangan serta kolumnis di beberapa media ekonomi, Stanley Christian.

Registrasi acara dibuka sampai pukul 13.15, dan acara dibuka oleh pembawa acara, Rena. Dan juga sambutan dari Romo Marcel. Pada saat acara ada pembagian buku karangan pembicara yaitu Stanley Christian, berjudul “Utang Cerdas dan Siap Kaya” diberikan cuma-cuma kepada 40 pendaftar pertama.

Kursi di ruangan Antonius lantai 2 Pondok Paroki Santo Lukas, tempat terselenggaranya seminar, dihadiri oleh berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pekerja muda, orang tua, pelajar, ibu rumah tangga, pemain saham. Apapun latar belakang pekerjaannya, menjadi sebuah kesadaran bagi kita semua untuk mengetahui betul perencanaan keuangan kita dialokasikan kemana saja dan bagaimana untuk tetap bisa mandiri secara finansial, tidak hanya pada usia produktif, namun juga ketika memasuki usia tidak produktif.

Menjadi kaya tidaklah dilihat dari jenis pekerjaannya, tidaklah dilihat dari jenis pakaiannya, tidaklah dilihat dari dimana tempat dia makan, tetapi dari asset yang dikumpulkan. Masa muda kita selalu terfokus pada mengejar asset sehingga terlupa untuk membangun fondasi pensiun di masa tua.  Berkenalan dengan investasi, salah satunya merupakan langkah antisipatif menuju masa tua yang tenang dan mandiri. Seminar ini mengenalkan perhitungan berapa dana yang dibutuhkan saat pensiun, lalu motivasi-motivasi lainnya untuk berinvestasi, juga instrumen-instrumen investasi yang dapat digunakan sebagai bagian dari aset.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul seiring dengan  . Pertanyaan diajukan menarik dan berbobot, juga dijawab secara lengkap oleh pembicara. Seminar yang padat ini tidak terasa lama padahal sudah dua setengah jam berlalu, acara berakhir pukul 16.00. KKMK dengan adanya seminar ini senantiasa berusaha memberikan semangat-semangat dan nilai-nilai positif untuk umat paroki Santo Lukas. Adanya seminar ini semoga dapat mencerahkan dan mencerdaskan umat, paling tidak doa dan harapan kita untuk maju selalu dikabulkan dan pekerjaan yang diberikan sesuai dengan kesanggupan dan keterbatasan kita.

Mengutip sambutan Romo Marcel, bahwa bekerja adalah rahmat Tuhan yang diberikan kepada kita, maka ada baiknya kita bisa merencanakan dengan strategis bagaimana benih-benih usaha yang kita tebarkan, dapat kita tuai juga dengan matang untuk kemuliaanTuhan. Salam Kasih KKMK Santo Lukas.

Artikel: Nerissa