Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PESTA PELINDUNG GEREJA SANTO LUKAS

Dipublikasikan tanggal 19 October 2019

Pesta Pelindung Gereja Santo Lukas

Setiap tanggal 18 Oktober, Gereja merayakan Pesta St. Lukas Penginjil, santo pelindung gereja kita. Santo Lukas adalah seorang tabib non Yahudi dan teman seperjalanan St. Paulus. Santo Lukas adalah satu-satunya orang non Yahudi yang mengarang kitab Perjanjian Baru. Sebagai tabib Kristen pertama, St. Lukas adalah pelindung dari para dokter. Pada pesta St. Lukas tanggal 18 Oktober kita mohon doa perantaraan St. Lukas untuk para dokter, tenaga paramedis dan mereka yang mengurus orang-orang sakit.

Perayaan Ekaristi untuk memperingati pesta pelindung Gereja St. Lukas diadakan pkl 19.00 di Gereja Santo Lukas. Dalam homilinya P. Bonaventura Hendrikus Roi Gultom OFMConv mengajak umat untuk merenungkan arti perutusan kita di dunia ini yang terungkap dalam usaha dan kerja untuk mewartakan Kerajaan Allah dan menggarisbawahi tiga hal penting dalam Injil Lukas 10:1-9 yaitu :

  1. Mintalah kepada tuan yang mempunyai tuaian agar mengirimkan pekerja- pekerja untuk tuaian tersebut.  Dalam kehidupan sehari- hari hal ini berkaitan dengan pelayanan.
  2. Aku mengutus kamu  seperti anak domba ke tengah- tengah serigala. Hal ini berkaitan dengan pilihan hidup yang dipilih.
  3. Pewartaan kerajaan Allah sudah dekat.

Sebagai umat beriman, panggilan dan perutusan kita di dunia ini adalah memberikan kesaksian tentang pengalaman kita akan Yesus Kristus, yang terwujud dalam hidup dan pekerjaan kita. Seorang beriman Kristiani pertama-tama dipanggil untuk menghadirkan Kerajaan Allah. Pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan adalah bagian dari usaha untuk membangun Kerajaan Allah di dunia, menampakkan wajah belas kasih Allah di dunia.

Gereja kita telah memilih St. Lukas sebagai pelindung. Sudah sepantasnya kita meneladani St. Lukas dalam kehidupan beriman. St. Lukas mengingatkan bahwa kita semua adalah umat yang sangat dikasihi Allah dan hendaklah menjadi pembawa damai dalam kehidupan ini.

Klik disini untuk lihat Foto- Foto Misa Pesta Pelindung Gereja Santo Lukas