Artikel

Orang Muda Katolik

DIBAPTIS & DIUTUS: GEREJA KRISTUS DALAM MISI DI DUNIA

Dipublikasikan tanggal 21 October 2019

Dibaptis dan Diutus: Gereja Kristus dalam Misi di Dunia

Pada Hari Minggu Misi Sedunia ke-93 yang jatuh pada 20 Oktober 2019, Paus Fransiskus meminta agar seluruh Gereja menghidupkan kembali kesadaran dan komitmen misionarisnya. Kita pertama-tama perlu menemukan kembali dimensi misionaris dari iman kita kepada Yesus Kristus, iman yang diberikan kepada kita dalam baptisan. Allah menghendaki agar semua orang diselamatkan dengan mengenal kebenaran dan mengalami belas kasihan-Nya melalui pelayanan Gereja.

Bina Iman Remaja Santo Lukas mengawali perayaan Hari Minggu Misi Sedunia ini dengan pengajaran tentang rosario misioner saat pertemuan BIR pada minggu 13 Oktober 2019. Kami berkumpul untuk mendoakan misi di seluruh di dunia. Hal yang unik adalah penggunaan rosario misioner yang terdiri dari lima warna yang menggambarkan misi di lima benua, yatu Kuning - Asia, Biru – Australia & Oceania, Merah - Amerika, Putih - Eropa dan Hijau – Afrika.

Bendera misi kelima benua ini juga menjadi bagian dari perarakan pada perayaan Ekaristi Agung pada minggu 20 Oktober 2019. Seluruh umat diajak untuk terus melakukan tugas perutusan yang diterima saat dibaptis, yaitu hadir dan nembawa damai sejahtera dan berkat bagi orang lain. Para remaja juga diajak untuk melaksanakan tugas bermisi secara sederhana, yaitu dengan menolong orang lain, membangun sikap positif dalam persahabatan dan juga tetap bertahan dalam kebaikan dan terus melakukan kebaikan bagi orang-orang di sekitarnya.

Salah satu wujud aksi nyata adalah kesediaan para remaja dan orang tua untuk mengambil bagian dalam misa, baik sebagai petugas liturgi, anggota koor, petugas persembahan, tatib dan tugas pendukung lainnya. Para remaja dan keluarganya juga diajak untuk terlibat dalam penutupan perayaan Hari Minggu Misi Sedunia, yaitu kunjungan ke panti Werdha Melania Pademangan pada minggu 27 Oktober 2019. Diharapkan kita semua dapat mewujudkan ajakan bermisi dengan memberikan penghiburan dan membagikan kebahagiaan kepada oma dan opa.

Salam misioner 2D2K

Klik disini untuk lihat Foto- Foto Misa Hari Minggu Misi Sedunia

Artikel: Lina Mustopoh    ~     Foto: Siedok