Artikel

Aktualia

KEDATANGAN GEMPA MENUNGGU PENYELAMATAN TABERNAKEL

Dipublikasikan tanggal 09 January 2020

KEDATANGAN GEMPA MENUNGGU PENYELAMATAN TABERNAKEL

Kisah Mukjizat di Puerto Rico

Sejak tanggal 28 Desember 2019 Puerto Rico diguncang oleh gempa bumi yang dahsyat. Gempa susulan terus terjadi dan guncangan terakhir terjadi pada dini hari tanggal 7 Januari 2020 dengan kekuatan 6,4 skala Richter dan epistentrum 13 kilometer dari kota Ponce, ibukota Puerto Rico. Gempa menelan satu korban nyawa, puluhan korban luka, kerusakan masif pada infrastruktur, pemutusan arus listrik dan maklumat keadaan darurat di pulau yang merupakan bagian dari negara Amerika Serikat tersebut.

Sebuah foto menjadi viral di tengah kemelut yang melanda masyarakat Puerto Rico. Dalam foto tersebut nampak sekelompok umat beriman mencoba menyelamatkan tabernakel yang masih utuh milik Gereja Inmaculada Concepción (Kandungan Tak Bernoda) Guayanilla yang hancur lebur diterjang gempa. Peristiwa ini diberitakan pula oleh media komunikasi Katolik El Visitante de Puerto Rico. Yang menarik dari kejadian ini adalah bahwa tabernakel yang berisi Ekaristi suci berhasil diselamatkan beberapa menit sebelum gempa susulan terakhir terjadi, seolah-olah gempa itu menanti sampai Ekaristi suci berhasil diselamatkan sebelum menyapu bersih semua bangunan gereja.

Media juga menyampaikan bahwa tabernakel terletak di sebuah kapel di sebelah kiri bangunan gereja. Ketika gempa pertama terjadi bangunan kapel menjadi miring, namun tabernakel tetap berada di tempatnya. Hadir pula beserta umat beriman dalam upaya menyelamatkan tabernakel pastor kepala dan pastor rekan P. Melvin Díaz dan P. Orlando Rivera. Tabernakel pun dipindahkan ke wisma kuria, yang terletak tidak jauh dari paroki dan berhasil diselamatkan ke tempat yang layak.