Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

SILATURAHMI TAHUN BARU PAGUTER

Dipublikasikan tanggal 10 January 2020

SILATURAHMI TAHUN BARU PAGUTER

Memupuk Panggilan Hidup Membiara

Hakikat atau inti hidup membiara adalah menjadi contoh hidup Kristus. Para biarawan/wati adalah contoh yang tampak dari kepribadian Yesus Kristus. Mereka adalah contoh hidup para kudus. Hidup membiara adalah hidup yang istimewa dan mereka dipanggil untuk menjadi "yang paling dekat” dengan Kristus. Sebagian besar waktu mereka adalah waktu untuk Tuhan dan bersama Tuhan. Mereka memberi gambaran kepada dunia, rupa dan cara hidup para kudus di surga. Demikianlah spiritualitas dasar hidup para biarawan/wati. Itu sebabnya mereka harus hidup dalam komunitas tertentu agar irama dan suasana dan nyala spiritualitas ini tetap terjaga. Pusat hidup mereka adalah doa dan terutama ekaristi dalam komunitasnya. 

Meskipun hidup membiara adalah panggilan yang sifatnya sangat pribadi, tidak dapat disangkal bahwa keluarga merupakan faktor pendorong panggilan hidup yang unik ini. Terutama orang tua kaum terpanggil merupakan umat beriman yang merelakan putra-putri yang dikasihi untuk menjadi “pelayan-pelayan” Kristus dengan corak hidup yang khas. Di tengah menyusutnya minat akan panggilan hidup membiara, teladan mereka sungguh layak mendapat acungan jempol. Untuk itulah Paroki Sunter membentuk “PAGUTER”, singkatan dari “Paguyuban Orang Tua (yang anaknya) Terpanggil”. Paroki Sunter boleh berbangga bahwa dalam usia 30 tahun sudah berhasil “membidani” kelahiran beberapa putra-putri terpanggil:

  1. P. Justianus Bayu Aprianto, OFM Conv
  2. P. Eligeus Benny Bernadi, OFMConv
  3. P. Albertus Buddy Haryadi, SJ
  4. Sr. Yohana Aleta, OCSO
  5. Fr. Robertus Bobby Hermanto, OFMConv
  6. Fr. Bartolomeus Sumedi Kolin, OFMConv
  7. Fr. Johannes Aldviero Djuliano Rodsario, OFMConv
  8. Nicholas Singgih (Postulan OFMCap Sidney)
  9. Jonathan Aurelius Thelman (Seminaris Menengah Wacana Bakti)

Untuk membina tali persaudaraan antar keluarga terpanggil Seksi Panggilan menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Pada tanggal 9 Januari 2020 Seksi Panggilan menyelenggarakan silaturahmi Tahun Baru 2020 yang dihadiri oleh kurang lebih 30 anggota keluarga Paguter. Hadir dalam acara tersebut P. Yakub, Fr. Bonivacio atau yang akrab dipanggil Fr. Jeki, dan koordinator bidang persekutuan Pak Yos. Tahun ini Paguter juga akan menyelanggarakan doa rutin Senakel (Gerakan Imam Maria) setiap Sabtu pertama setiap bulan. Mari kita mendoakan bersama supaya panggilan hidup membiara di paroki kita tetap subur dan semoga mereka yang sudah terpanggil dapat menjalankan panggilan hidup mereka dengan penuh sukacita.  

Pengurus Seksi Panggilan untuk periode 2019-2022 adalah:

  1. Maria Emilia Ganis (Ketua)
  2. Yeye (Sekretaris)
  3. Anastasia Chai Sia (Bendahara)

Klik disini untuk melihat foto-foto Acara Silaturahmi Paguter 

Klik disini untuk melihat foto-foto Acara Silaturahmi Paguter