Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

MISA SYUKUR IMLEK TAHUN 2020

Dipublikasikan tanggal 25 January 2020

Misa Syukur Imlek Tahun 2020

Cuaca Jakarta masih diselimuti hujan gerimis menjelang Misa Syukur Tahun Baru Imlek, Sabtu 25 Januari 2020 di Gereja St. Lukas, Paroki Sunter. Misa yang dijadwalkan pk 08.00 dimulai sedikit terlambat karena hujan yang tidak berhenti sejak malam. Meskipun cuaca tidak terlalu bersahabat, umat paroki tampak sangat bersemangat menghadiri perayaan ekaristi menyambut tahun baru.

Misa Syukur ini dipimpin oleh Pastor Marsel sebagai selebaran utama didampingi oleh Pastor Yakub, Pastor Bona, dan Pastor Susilo. Petugas pada misa kali ini adalah gabungan kelompok persekutuan paroki. Lagu-lagu yang dinyanyikan bernuansa Tionghoa, dinyanyikan oleh koor, bersama umat lewat tayangan LCD proyektor.

Bacaan liturgi pada perayaan ini diambil dari Kitab Kej 1: 14-18 tentang penciptaan benda-benda di langit sebagai penunjuk pergantian tahun dan masa, dan Injil Mat 6: 25-34 tentang kekhawatiran dan pemeliharaan Tuhan. Pastor Yakub dalam homili menyampaikan bahwa pengikut Kristus hendaknya tidak perlu khawatir tentang hidup di dunia. Kita selalu dipelihara Tuhan bagai bunga Bakung di padang yang lebih indah dari pakaian Raja Salomo. Untuk itu  Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk memililh hidup rohani dan kerajaan surga. Kita diijinkan untuk memiliki harta, namun perlu diperhatikan cara mendapatkan dan menggunakan harta tersebut. Apakah kita adil pada orang lain saat mengumpulkan kekayaan itu, apakah cara yang digunakan membuat orang lain jadi miskin? Apakah kekayaan itu digunakan untuk menindas orang lain?

Tema KAJ tahun ini "Kita Adil Bangsa Sejahtera" sangat tepat menjadi pedoman kita dalam mewujudkan ajaran Yesus di tahun yang baru ini. Kita hendaknya berbagi dengan orang lain, terutama kepada yang membutuhkan.

Di akhir misa, Pastor Marsel memberkati jeruk untuk dibagikan kepada umat seusai Misa.

Selamat Tahun Baru!

Klik disini untuk melihat Foto-Foto Misa Imlek