Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

BERBAGI KASIH DI TAHUN KEADILAN SOSIAL

Dipublikasikan tanggal 19 February 2020

Berbagi kasih di Tahun Keadilan Sosial

Minggu 16 Februari 2020, sekitar pukul 04.45 WIB., sebanyak 34 umat Wilayah St Thomas Rasul berkumpul di pos Bejo Graha Sunter Pratama untuk berangkat menuju ke Vihara Cetiya Dharma Paramitha, Puncak, Cipanas, Jawa Barat. Sebelum melakukan kegiatan bakti sosial di Vihara, kami menuju ke Lembah Karmel, Cikanyere, Puncak untuk mengikuti Perayaan Ekaristi.

Pada kesempatan ini kami juga mengunjungi Yayasan Istana KSJ yang berada tepat disamping Vihara. Yayasan ini merupakan rumah tempat penampungan untuk orang-orang yang mengalami masalah kejiwaan. Disana kami memberikan sumbangan berupa beras dan minyak. Kami disambut oleh beberapa pengurus Yayasan diantaranya Bapak Pupun dan Jajang. Beberapa pengurus juga pernah mengalami masalah kejiwaan dan dirawat di yayasan tersebut, namun saat ini sudah sembuh. Setelah sembuh mereka menjadi pengurus untuk merawat saudara-saudara mereka yang masih mengalami masalah kejiwaan. Kondisi para penghuni yayasan cukup memprihatinkan. Berdasarkan info dari Bapak Pupun, para penderita masalah kejiwaan seringkali dijauhkan dan kurang mendapat perhatian dari keluarganya.

Acara bakti sosial dimulai tepat pukul 14:00 WIB. Di tahun Keadilan Sosial ini, kegiatan baksos yang dilakukan cukup unik dan menjadi pengalaman baru bagi umat  Wilayah St Thomas Rasul. Hal ini dikarenakan sebagian warga yang akan menerima sumbangan menggunakan gerobak dan  berkeliling mengunjungi pos sembako yang telah disediakan. Kami menunggu para warga datang dan memasukkan sembako ke dalam karung yang diletakkan di gerobak. Jumlah warga penerima sumbangan sebanyak 425 orang. Warga penerima sumbangan dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kaos merah dan kelompok kaos putih dengan nomor anggota yang dikalungkan di leher mereka. Kelompok kaos putih akan menerima sumbangan dengan menggunakan gerobak. Kelompok kaos putih berbaris secara rapi dan berjalan mengikuti arahan petugas menuju pos-pos pembagian sembako. Kelompok ini menerima lebih banyak sumbangan,  karena menurut survey dari Vihara, kehidupan mereka sangat memprihatinkan, berbeda dengan kelompok kaos merah. Sembako yang dibagikan bermacam-macam, seperti beras, uang tunai, permen,  mie instan, minyak, biskuit, sabun mandi, kecap, dan sambal.

Pembagian sembako berjalan dengan tertib dan lancar, meskipun hujan deras tidak menghalangi semangat dan kegembiraan kami untuk melakukan kegiatan ini. Kami sangat bahagia bisa berbagi kasih dengan mereka yang hidup sangat berkekurangan. Kami melihat kebahagiaan di wajah mereka dan merasakan kehangatan dan ketulusan atas doa-doa mereka saat menerima barang-barang yang kami berikan.

Terima kasih Allah Bapa atas penyertaanMu sepanjang kegiatan bakti sosial kami.

Artikel: Felicia Roseline  Foto: Chandra (Wilayah St Thomas Rasul)