Artikel

Orang Muda Katolik

PIfH Bersama BIR St Lukas

Dipublikasikan tanggal 12 May 2020

#PIfH Bersama BIR St Lukas

Saat wabah Covid-19 merebak, kita semua sempat gagap dan panik. Kita akhirnya mundur dari semua pertemuan sosial, mengikuti aturan pemerintah untuk melakukan social distancing, sampai akhirnya ada instruksi untuk melakukan physical distancing. Hal yang sama terjadi juga dengan Pertemuan BIR St Lukas yang diadakan di Pondok Paroki setiap hari Minggu. Pendalaman Iman pada 15 Maret 2020 menjadi pertemuan terakhir BIR. Kegiatan Easter Carol yang sudah direncanakan jauh-jauh hari pun dibatalkan.

Kita sempat terdiam, kemudian pelan-pelan melakukan penyesuaian diri dengan #School from Home dan Work from Home. Namun demikian, para pembina BIR St Lukas tetap merasakan panggilan untuk tetap menjadi wadah bagi para remaja dalam proses pembentukan iman mereka. Kami berpikir walau dirumah aja, bukan berarti kami tidak dapat membagikan kabar sukacita Kristus asal ada kemauan dan kerinduan untuk melayani.

Perlu waktu untuk persiapan, mulai dari menentukan portal virtual meeting yang cocok, merancang aktivitas untuk menggantikan games yang selama ini membuat kegiatan menjadi seru, membuat pertanyaan untuk kegiatan sharing serta mengatur tim yang akan bertugas. Puji Tuhan akhirnya #PIfH (Pendalaman Iman from Home) pertama dapat digelar pada 5 April 2020. 

Pertemuan BIR secara online ternyata asik sekali. Pengajaran tetap dapat dilakukan dengan presentasi, ditambah dengan pemutaran video yang menambah keseruan. Selain itu, kami juga menggunakan aplikasi kahoot atau quizziz yang berisi pertanyaan terkait dengan Kitab Suci. Selain itu, kami pun memberikan misi-misi tertentu yang harus dilakukan peserta. Pada pertemuan pertama, para peserta diminta untuk membuat gambar atau menuliskan kata-kata untuk memberikan semangat kepada pemerintah, dokter, dan pasien Covid-19.

Para remaja yang saat ini sedang di rumah ternyata bisa melakukan sesuatu untuk sekitarnya. Kita dapat membagikan kebaikan dan keceriaan bagi sesama dengan berbagai cara. Senyuman yang manis dan tawa yang hangat akhirnya dapat mengobati rasa rindu kami terhadap satu sama lain. Kami dapat saling menyapa, saling membagikan pengalaman dan saling menguatkan.

Yuk teman-teman remaja, mari bergabung dengan Pendalaman Iman Online BIR St Lukas yang diselenggarakan secara rutin pada jam 1 siang di hari minggu. Tunggu link dari kami yaaaa.

#PIfH

#PendalamanImanfromHome

#Salammisioner

#2d2k

Artikel: Sergio Tedy