Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PUASA DAN DOA BERSAMA

Dipublikasikan tanggal 14 May 2020

Puasa dan Doa Bersama

Pada Hari Minggu , tanggal 03 Mei 2020 yang lalu, yaitu pada Hari Doa Sedunia untuk panggilan bagi umat Katolik,  Bapa Paus Fransiskus telah menyerukan kepada semua umat beragama di dunia untuk bersatu melakukan puasa dan doa bersama guna memohon pertolongan kepada Tuhan  agar pandemi wabah Corona virus segera berakhir.

Komite Tinggi Persaudaraan Manusia (Hihger Committee of Human Fraternity - HCHF) di Abu Dhabi juga telah menjadwalkan kegiatan doa bersama tersebut secara serentak di seluruh dunia pada , hari Kamis, 14 Mei 2020.

Menanggapi seruan dari Bapa Paus Fransiskus tersebut dan sudah pernah disampaikan Bapak Uskup Ignatius Kardinal Suharyo dalam berbagai kesempatan, maka  Keuskupan Agung Jakarta melalui Komisi Hubungan Antar Agama  dan Kemasyarakatan (HAAK), mengajak seluruh umat Katolik  di Keuskupan Agung Jakarta secara serentak melakukan Aksi Nyata Puasa dan Doa Bersama pada hari Kamis, 14 Mei 2020.

Aksi ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

1. Bersama-sama dengan semua orang dari semua agama dan keyakinan di seluruh dunia, kita bersimpuh di hadapan Tuhan Allah untuk bersatu melakukan puasa dan doa bersama. Puasa yang kita lakukan adalah puasa secara Katolik (seperti puasa yang kita lakukan pada masa PraPaskah).

2. Intensi pokok doa adalah memohon agar para ilmuwan segera menemukan vaksin Covid-19 dan pandemi Corona virus segera berakhir.

3. Melakukan kegiatan amal kasih kepada saudara-saudara kita yang terdampak pandemi Corona virus (Covid-19), yang membutuhkan uluran kasih, yaitu mereka yang lemah, berkekurangan, difabel dan tersisih.

Marilah kita semua sebagai umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Jakarta menanggapi seruan Bapa Paus Fransiskus untuk menjadikan hari Kamis, 14 Mei 2020, sebagai momentum  panggilan kemanusiaan, berpuasa, berdoa dan memohon kebaikan bagi seluruh umat manusia.