Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

MENGENAL DOA SENAKEL

Dipublikasikan tanggal 15 July 2020

MENGENAL DOA SENAKEL

Gerakan Imam Maria (GIM)

Kata “Senakel” berasal dari kata Cenaculum (Lat., “ruang atas”). Menurut Kis 1:13-14, para rasul bersama Bunda Maria dan beberapa orang lain berkumpul di ruang atas, bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama menantikan kedatangan Roh Kudus. Gerakan Imam Maria dan Doa Senakel dipopulerkan oleh Don Stefano Gobbi (1930-2011), seorang imam yang berasal dari Como, Italia. Gerakan rohani ini bermula di Fatima Portugal pada tanggal 8 Mei 1972. Pada saat itu, Don Stefano sedang berziarah untuk mendoakan para imam, yang sedang mengalami krisis panggilan. 

Melalui Gerakan Imam Maria dan Doa Senakel, para imam berhimpun untuk menyerahkan diri kepada Hati Maria yang Tak Bernoda. Dengan cara inilah, suatu pasukan yang kuat akan terbentuk dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Selanjutnya umat beriman diundang pula untuk menyerahkan diri kepada Hati Maria yang Tak Bernoda. 

Ada lima hal pokok dalam Doa Senakel:

  1. Doa mohon kekuatan Roh Kudus
  2. Berdoa Rosario
  3. Berdoa untuk Bapa Paus
  4. Mendengarkan pesan Bunda Maria yang disampaikan kepada Don Stefano Gobbi
  5. Doa Penyerahan kepada Hati Maria yang Tak Bernoda

Melalui Doa Senakel, umat beriman diajak untuk menghayati panggilan kekudusan sesuai dengan status hidup masing-masing. Melalui Don Stefano Gobbi, Bunda Maria berpesan, “Di sini pun, aku telah membawa kamu untuk menghimpun banyak imam, religius, dan kaum awam dalam Doa Senakel dan kehidupan bersamaku” (7 Oktober 1979).