Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PERAYAAN 24 TAHUN MEMBIARA PASTOR JUSTIANUS BAYU APRIANTO OFMConv

Dipublikasikan tanggal 04 August 2020

Perayaan 24 tahun membiara Pastor Justianus Bayu Aprianto OFMCOnv:

Pastor pembuat ikan asin yang pernah bercita-cita jadi pilot pesawat tempur

Salah satu bentuk syukur atas 24 tahun hidup membiara, Pastor Justianus Bayu Aprianto OFMConv membagi pengalaman hidup membiara dan imannya secara online pada 2 Agustus 2020 yang diselenggarakan oleh Seksi Panggilan Paroki. Pada acara tersebut, Romo Bayu, begitu beliau disapa, mengisahkan masa kecilnya di Sunter Muara, masa studinya di Indonesia dan Italia, hingga karyanya bersama OFMConv di Rumah Pendidikan di Sumatera Utara. 

Saat kecil, Romo Bayu pernah bercita-cita menjadi tentara sebagai pilot pesawat tempur setelah menonton acara Air Show pada tahun 1986 di belakang rumahnya, Bandara Kemayoran. Tapi kemudian, setelah bertemu dengan Alm. Pastor Antonio Muru dan terkesan dengan kunjungan para pastor ke rumah umat, beliau mengutarakan niatnya untuk menjadi Frater kepada orang tuanya.

Selepas SMA, beliau menjalankan serangkaian studi mengenai OFMConv, Filsafat, dan Teologi dengan total 11 tahun untuk akhirnya menjadi imam. Oleh Ordo, Romo Bayu dipercaya mendampingi para frater dalam pendidikan mereka hingga beliau mendapat tugas studi bidang pendidikan OFMConv di Italia. Saat menjadi Magister Novisiat, beliau mendapat kesempatan untuk mengembangkan hobi dan keterampilan karya tangannya yaitu memasak dan prakarya. Salah satu karya beliau yang tergolong sukses adalah membuat ikan asin dari ikan mentah. Selain itu beliau juga membangun Gua Maria di biara novisiat di  di Tiga Juhar bersama alm. P.Siswido Swy OFMConv dan P.  Yakub Janami Barus OFMConv dan kebun sayuran di lingkungan biara.

Dalam tugasnya sebagai Guardian Biara OFMConv di Sunter beliau menyampaikan bahwa tugas beliau adalah menjadi pelayan di komunitas, menjamin terlaksananya hidup doa dan rohani komunitas. 

Selamat atas perayaan 24 tahun membiara, Romo Bayu. Semoga Romo selalu penuh semangat dalam hidup menjadi pelayan umat demi kemuliaan Tuhan.

Artikel: AOS