Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN

Dipublikasikan tanggal 03 November 2020

Peringatan Arwah Semua Orang Beriman

Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati (2Mak 12:44)

Peringatan Arwah Semua Orang Beriman dirayakan setiap tanggal 2 November sehari setelah peringatan Hari Raya Semua Orang Kudus. Di Hari Arwah/ All Souls’ Day kita diajak untuk mengenang dan mempersembahkan doa- doa bagi saudara- saudari kita serta semua orang beriman yang telah meninggal dunia. Maka kiranya ada baiknya kita menyadari makna peristiwa kematian menurut ajaran iman kita. Kematian bagi kita merupakan saat kita mempercayakan diri secara total kepada Kristus, kebangkitan dan kehidupan kita saat perjumpaan abadi dengan Dia, pokok pengharapan kita, yang mengantar kita pulang ke rumah Bapa.

Paroki Sunter pada 2 November 2020, pukul 19.00 WIB  memperingati Hari Arwah ini secara online. Meskipun berada di rumah, umat diharapkan dapat mengikuti Perayaan Ekaristi Peringatan Hari Arwah Semua Orang Beriman secara khusyuk. Nama- nama Arwah yang didoakan dalam Perayaan Ekaristi ini berjumlah ± 2.140 nama. Tahun ini tidak ada foto orang meninggal yang diberkati dan didoakan tetapi digantikan dengan penayangan nama- nama arwah yang didoakan dan pemercikan air suci ke “pohon nama” . Saat kita mengenang arwah saudari-saudara kita, kita diingatkan tentang kenangan kasih dan kebaikan mereka, sekecil apapun supaya kita mampu mendoakan mereka dengan tulus  agar dilepaskan dari siksa dosa. Semoga kitapun dilepaskan dari beban-beban masa lalu, luka, kekecewaan, mungkin kemarahan karena betapa indahnya menjalani hidup sukacita dan penuh rasa syukur.