Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

Suka Duka Sebagai Pembawa Sabda Di Masa Pandemi

Dipublikasikan tanggal 10 November 2020

Suka Duka Sebagai Pembawa Sabda di Masa Pandemi

Rekoleksi Lektor Lektris Paroki Sunter

Sub Seksi Lektor Paroki Sunter mengadakan Rekoleksi Lektor Lektris Paroki Sunter pada Senin 09 November 2020, pukul 19.30 – pukul 21.00 WIB secara daring melalui Zoom. Rekoleksi dibawakan oleh Pastor Marselinus Salem Damanik OFMConv dengan tema “ Suka Duka Pembawa Sabda di Masa Pandemi. Rekoleksi ini diikuti oleh 65 orang Lektor Lektris. Mengawali penjelasan materi mengenai Suka Duka Sebagai Pembawa Sabda, Pastor Marsel mengatakan bahwa tanpa kita sadari kita semua adalah buah dari karya penginjilan mereka yang melakukan perintah Yesus, maka hendaknya kitapun mau melakukan penginjilan kepada orang yang belum percaya kepada Kristus. Tetapi masih banyak yang belum tergerak hatinya untuk menanggapi perintah Yesus ini karena beranggapan bukan tugas dan kewajibannya. Untuk itulah saat kita berkesempatan menjadi Lektor Lektris kita harus melakukan tugas kita sebaik- baiknya untuk menjadi pembawa sabda yang bisa membuat Injil itu hidup.

Lektor Lektris Paroki Sunter yang telah dilantik pada bulan Februari yang lalu, belum seluruhnya pernah bertugas karena kegiatan beribadah di Gereja mulai dinonaktifkan pada bulan Maret 2020. Meskipun demikian di masa pandemi ini sebagai pembawa sabda kita tidak boleh berhenti begitu saja walaupun kita belum dapat sepenuhnya bertugas di Gereja, tetapi kita harus banyak belajar dari situasi ini.

Pada kesempatan ini beberapa Lektor Lektris yang bertugas selama masa pandemi melalui Misa Live Streaming menceritakan suka duka yang dialami saat bertugas menjadi pembawa sabda dalam misa online. Christina salah seorang lektris menceritakan bahwa selama bertugas menjadi lektris saat misa online, ia lebih banyak mengalami suka, karena bisa mendapatkan kesempatan untuk melayani dan bisa menerapkan apa yang dipelajarinya saat pelatihan. Dengan bertugas sendiri ia bisa menjadi komentator, lektris, pemazmur dalam waktu yang bersamaan.

Masa pandemi bukanlah hambatan bagi kita untuk tetap melayani Tuhan dan apabila belum mendapatkan kesempatan untuk bertugas di Gereja, kita sebagai Lektor Lektris tetap dapat melayani dengan beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan sebagai pewarta sabda di masa pandemi  ini yaitu:

1. Hendaknya selalu membacakan Kitab Suci untuk diri sendiri dan keluarga  di rumah.

2. Menjadi inisiator untuk melaksanakan Ibadat Sabda baik di lingkungan maupun wilayah.

3. Berperan aktif menyebarkan (Sharing) pengalaman hidup yang terjadi sesuai dengan sabda Allah.