Artikel

Aktualia

TAHBISAN USKUP DI ASISI

Dipublikasikan tanggal 23 November 2020

TAHBISAN USKUP DI ASISI

P. Mauro Gambetti, OFM Conv Ditahbiskan Menjadi Uskup

Hari Minggu tanggal 22 November 2020 kota Asisi di Italia mencatat sejarah baru ketika P. Mauro Gambetti, OFMConv ditahbiskan menjadi uskup. Sebelumnya, P. Mauro Gambetti menjabat sebagai Kustos Biara Suci Asisi. Kardinal Agostino Vallini berkenan menumpangkan tangan dalam acara tahbisan episkopal yang berlangsung di Basilica Superiore Santo Fransiskus Asisi.

“Ada titik balik dalam hidup, di mana kita terkadang harus melompat. Saya menganggap apa yang saya alami sebagai lompatan dari dari papan loncat ke laut lepas, sementara saya mendengar diri saya mengulangi: duc in altum”. Inilah kata-kata pertama dari uskup Fransiskan yang baru ditahbiskan, menurut apa yang dilaporkan oleh media Biara Suci. Kemudian beliau menambahkan,  "Saya menjalani minggu-minggu yang penuh kedamaian, saya berdoa, saya mencintai dan saya menyambut kebaikan saudara-saudari yang dalam banyak hal menjadi dekat dan membantu saya ... Hari ini saya menerima hadiah yang tak ternilai ... dan sekarang, saya berenang dan laut terbuka menanti saya. Sejujurnya, bukan penyelaman yang sederhana, melainkan lompatan jungkir balik tiga kali lipat, dalam posisi bebas”.

Uskup Mauro Gambetti akan dilantik menjadi Kardinal pada tanggal 28 November yang akan datang. Pada saat doa Angelus pada tanggal 25 Oktober yang lalu, Paus Fransiskus telah mengumumkan bahwa beliau akan melantik 13 orang kardinal baru, salah satunya adalah Uskup Mauro Gambetti. 

Uskup Mauro Gambetti lahir pada tanggal 27 Oktober 1965 di Castel San Pietro Terme. Beliau menyelesaikan studi S1 jurusan Teknik Mesin di Universitas Bologna. Pada bulan September 1992 beliau memasuki masa formatio di biara OFMConv. Pada tanggal 29 Agustus 1995 beliau mengikrarkan kaul perdana, lalu tiga tahun kemudian pada tanggal 20 September 1998 beliau mengikrarkan kaul kekal. Setelah menyelesaikan studi S1 Teologi di Institut Teologi Asisi, beliau mengambil S2 Teologi Antropologi di Fakultas Teologi Firenze. Beliau ditahbiskan menjadi imam pada bulan Januari 2000 di Longiano. Pada tahu 2009 beliau terpilih menjadi Minister Provinsi Bologna sampai dengan tanggal 22 Februari 2013 di mana beliau terpilih menjadi Kustos Biara Suci Santo Fransiskus di Asisi. 

Lalu, apa hubungan Uskup Mauro Gambetti dengan Paroki Sunter? Ketika Ordo Saudara Dina Konventual (OFMConv) di Indonesia masih berstatus Kustodia dengan nama Kustodia Provinsi Maria Tak Bernoda, pernah menjadi bagian dari Provinsi Bologna. Dalam kunjungan-kunjungan kanonik ke biara-biara di seluruh provinsi Bologna, Uskup Mauro Gambetti pernah beberapa kali berkunjung ke Indonesia, bahkan ke Jakarta ke Gereja Santo Lukas. Maka, marilah kita bersama- sama berdoa untuk Uskup Mauro Gambetti agar diberkati oleh Allah dalam segenap karya dan kehidupannya.