Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

KOPERASI MENJADI ANDALAN MASYARAKAT SAAT PANDEMI COVID-19

Dipublikasikan tanggal 21 February 2021

“Koperasi Menjadi Andalan Masyarakat saat Pandemi Covid-19”
Rapat Anggota Tahunan Koperasi Simpan Pinjam Servia ke-20

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Servia mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-20 secara virtual,  pada hari Minggu, 21 Februari 2021 Pukul 13.00-15.46 WIB.  RAT adalah laporan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota untuk tahun buku 2020. Tema RAT kali ini yaitu “Membangun Koperasi Simpan Pinjam yang Kuat, Sehat, Berintegritas, Transparan dan Bertanggungjawab dimana, Hadrianus Dwi ditunjuk sebagai Ketua Panitia Penyelenggara.

Sambutan Ketua Panitia RAT 2021, Hadrianus Dwi

Hadir dalam RAT virtual sebanyak 217 anggota dari 269 anggota terundang.  RAT ini dihadiri pula oleh Bernadus Bubun Beda, perwakilan dari Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Jakarta dan  Ignatius Bambang, perwakilan dari Forum Credit Union (CU) KAJ.

Dalam sambutannya, Bubun Beda mengutip pernyataan Teten Masduki, menteri Koperasi  dan UMKM bahwa ada 1785 koperasi terdampak pandemi Covid-19.   Di koperasi simpan pinjam, dampak ini terlihat dengan adanya kesulitan mengangsur pinjaman, kesulitan pendistribusian pinjaman serta banyak  anggota mengambil simpanan.  Koperasi sebagai penyangga perekonomian nasional,  menjadi andalan masyarakat saat pandemi Covid-19. 

Sambutan Ignatius Bambang, Perwakilan Forum CU KAJ

Ignatius Bambang, dalam sambutannya mengatakan bahwa Koperasi Servia dinilai baik karena dapat melakukan RAT tepat waktu walaupun di masa pandemi.   Sie Pendidikan Koperasi tetap berjalan, dengan tetap mengadakan pelatihan secara virtual, hal ini dapat menjadi  pondasi atau dasar agar Koperasi Servia tetap sehat.

RAT koperasi dilanjutkan dengan pengesahan quorum,  pembacaan risalah rapat tahun lalu, laporan pertanggungjawaban ketua, wakil ketua, bendahara, panitia kredit dan badan pengawas.  Acara disemarakkan pula dengan adanya 50 doorprize uang tunai yang diberikan kepada anggota yang hadir  virtual dengan sistem pengocokkan dengan roda roulette yang juga diputar secara virtual.

Laporan Ketua II Koperasi Servia dan Sekretaris, Antonius Widodo dan Agustina Nanik

Artikel : Franciska Renny