Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

RECORDING & EDITING WORKSHOP FOR VIRTUAL CHOIR

Dipublikasikan tanggal 23 February 2021

Recording and Editing Workshop For Virtual Choir Paroki Sunter

Pandemi COVID-19 di seluruh dunia pada tahun 2020 menginspirasi pertumbuhan paduan suara virtual, meskipun virtual choir ini  bukanlah hal baru namun semakin banyak kelompok paduan suara yang membuat virtual choir. Virtual Choir adalah paduan suara maya ,paduan suara secara online yang anggotanya tidak bertemu secara fisik, tetapi yang bekerja sama secara online dari tempat terpisah, sebuah pertunjukan paduan suara yang melibatkan banyak penyanyi yang dibuat dengan bantuan teknologi. Para penyanyi diminta merekam video mereka bernyanyi di rumah masing- masing. Setelah itu, mereka akan mengirimkan video berisi nyanyiannya. Gabungan dari video-video itu kemudian disatukan agar membentuk harmoni yang indah untuk didengar.

Seksi Pekad Paroki Sunter bekerjasama dengan Seksi Komsos dan Subseksi Pasdimazor mengadakan “ Recording and Editing Workshop for Virtual Choir” pada 22 Februari 2021 dan 1 Maret 2021. Sebanyak ± 60 peserta dari wilayah mengikuti pelatihan ini . Tujuan diadakannya kegiatan ini agar semakin banyak wilayah/ lingkungan yang dapat membuat virtual choir dengan sumber daya manusia yang ada di wilayahnya.

Pertemuan pada hari ini dibagi atas 2 sesi yaitu sesi proses pembuatan virtual choir dan sesi pelatihan cara perekaman. Sesi yang pertama dibawakan oleh Seksi Komsos Paroki Sunter dan seksi pelatihan dibawakan oleh instruktur dari Seksi Pekad. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan alat dan sarana yang digunakan. Dalam pelatihan ini diajarkan pelatihan untuk peserta yang memakai handphone Android, iOS, dan laptop (Windows) serta aplikasi yang memudahkan proses perekaman dan proses pengiriman hasil rekaman.