Artikel

Aneka Ragam Kegiatan

OBROLAN ROHANI BERSAMA ROMO (OBOR)

Dipublikasikan tanggal 21 July 2021

Obrolan Rohani Bersama Romo (OBOR)

Pada saat ini, kita mengalami situasi lonjakan penyebaran virus Covid-19 yang sangat mengejutkan angkanya dan kondisi diperburuk dengan penyebaran varian Delta yang sangat cepat menular. Dalam kondisi ini, Pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat yang membuat kita harus membatasi kegiatan. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021, Keuskupan Agung Jakarta telah menetapkan seluruh paroki yang berada di Keuskupan Agung Jakarta untuk menghentikan sementara seluruh kegiatan misa offline dan mengurangi kegiatan yang memerlukan kontak fisik.  Kluster keluarga, kluster perkantoran semakin banyak. Virus Covid-19 terasa makin dekat dengan kita karena yang terdampak pun sudah berada di wilayah, lingkungan, dan dalam keluarga kita sendiri.

Melihat kondisi ini , maka Paroki Sunter mengadakan OBOR ( Obrolan Rohani Bersama Romo ). OBOR merupakan Doa Rosario Bersama dilanjutkan  dengan Obrolan Santai bersama Romo- Romo Paroki Sunter dan umat wilayah yang ada di Paroki Sunter. OBOR dilaksanakan secara bergiliran.

Senin 19 Juli 2021 pukul 20.30 kegiatan OBOR mulai dilaksanakan secara virtual yaitu  OBOR Wilayah Santa Ursula dan Santo Antonius Padua serta OBOR Wilayah Santa Theresia Avila dan Santo Agustinus. OBOR Wilayah Santa Ursula dan Santo Antonius Padua diawali dengan doa Rosario yang dipimpin oleh Romo Marselinus Salem Damanik OFMConv dan dibantu oleh DPH yang mendampingi. Setelah doa Rosario bersama, Romo menyapa seluruh umat wilayah yang ikut bergabung dalam virtual zoom dan memberikan peneguhan bagi umat yang sedang sakit. Dalam kesempatan ini juga umat diberikan kesempatan untuk membagikan pengalamannya selama terpapar Covid-19. Dengan mendengar sharing dari umat yang pernah terpapar, dapat kita petik pelajaran berharga bahwa jika terpapar jangan pernah merasa malu untuk menceritakannya dengan teman, keluarga, umat lingkungan  yang tentunya pasti akan siap membantu apabila kita sangat membutuhkan bantuan selama menjalani isolasi mandiri. Dan bagi yang sehat agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan dan mematuhi aturan Pemerintah. Dalam OBOR juga dibahas tentang beberapa bentuk kepedulian yang telah dijalankan oleh Paroki Sunter yaitu :

  1. Kepedulian terhadap kebutuhan vitamin dan alat prokes bagi umat dan warga kurang mampu yang terpapar Virus Covid-19 dengan menyedikan paket bantuan vitamin melalui Ketua Lingkungan/Kooordinator Wilayah.
  2. Kepedulian terhadap kebutuhan untuk informasi akurat dan terkini maupun pengetahuan seputar Covid-19 yang dapat diakses melalui platform https://linktr.ee/sanlukpeduli.
  3. Kepedulian terhadap ketersediaan tabung oksigen bagi umat yang membutuhkan.

Marilah kita mencintai sesama seperti diri sendiri, belajar memahami, menerima situasi pandemi Covid-19 serta melihat, merasakan, mengalami kasih dan kemuliaan Tuhan.